7 Oct 2010

In or Ex


Kepribadian orang umunya terbagi dua, introvert dan ekstrovert. Dan paham yang ada saat ini adalah selalu, ekstrovert baik, introvert buruk.

Introvert personality adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik. Orang ini adalah orang yang mengambil atau menyerap energi dari dalam dirinya sendiri.

Sementara,
Orang yang ekstrovert adalah orang yang mengambil energi dari luar dirinya.

"Orang yang introvert tidak terlalu suka berkumpul dan menceritakan pengalamannya, maka orang-orang mengatakan orang introvert adalah para penyendiri, sendirian"

"Introvert lebih mengacu kepada orang yang sibuk dengan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang introvert juga akan memilih untuk menyendiri jika ingin menyegarkan hati dan pikirannya,"

Mereka dengan tipe ekstrovert akan lebih sukses daripada mereka yang introvert. Lebih populer, lebih punya banyak teman dan simplenya lebih bahagia dalam hidupnya.

Sedangkan introvert, jika bertemu orang atau dalam kumpulan orang lebih banyak diam, kecuali kalo bersama teman-teman yang sudah lama dekat. Tidak seperti orang ekstrovert yang biasa bergaul dengan siapa saja, orang introvert membutuhkan kenyamanan saat berteman. Introvert cenderung berpikir sebelum berbicara, orang ekstrovert berpikir ketika berbicara.

Orang2 introvert memiliki kendali atas dirinya sendiri, namun seringkali mengalami penolakan oleh lingkungannya.

Tapi sayangnya,

Orang2 ekstrovert dapat memiliki segalanya, kecuali satu, dirinya sendiri.

Itulah sebabnya orang ekstrovert sering dikatakan punya beberapa topeng. Karena, mereka berganti-ganti keinginan demi diterima dilingkungannya. Walaupun tidak seluruhnya seperti itu.

“Kami, para introvert memang berbeda, tapi kami juga manusia biasa katanya. Dan kalau saja kamu (para ekstrovert) mau mengerti kami, maka kita bisa hidup berdampingan dengan lebih damai.”

Di dunia ini, jumlah populasi tipe karakter introvert lebih sedikit dibanding extrovert yaitu sekitar dua puluh lima persen dari total populasi dunia.





Saya, adalah salah satunya.

No comments: