2 Aug 2012

Maha


Hanya di Indonesia, pelajar di tingkat perguruan tinggi yang mendapat sebutan Maha sebelum siswa. Katanya, hal ini yang mengartikan bahwa rakyat sangat menjunjung tinggi mahasiswa untuk bisa berkontribusi bagi Negara nya.

Katanya Mahasiswa itu Agent of Change. Mereka lah yang membawa sebuah dobrakan baru. Membawa sebuah inovasi untuk mengubah tatanan yang tidak seharusnya. Merekalah yang membawa perubahan, sebuah solusi nyata yang signifikan, realistis dan dapat terwujudkan.

Katanya Mahasiswa itu Guardian of Value. Mereka yang menjaga nilai-nilai tradisi, nilai-nilai budaya, nilai-nilai agama dalam tatanan kehidupan. Mereka itu superhero yang siap sedia menjaga, apapun kebutuhannya, apapun keadaannya. Mereka mengingatkan pemimpin dunia, ketika apa yang dilakukannya tidak baik dan tidak menguntungkan rakyat. Mereka yang menjaga rakyat, atas keputusan-keputusan yang terkadang berat, disalah satu pihak.

Katanya Mahasiswa itu  Iron Stock. Mereka dapat dipersiapkan, dilatih, ditempa dan berkarat. Mereka dipersiapkan untuk melihat hal-hal nyata tentang apa yang terjadi. Mereka dilatih untuk menganalisis masalah, berfikir akan solusi nya, dan bertindak nyata. Mereka ditempa, dipertontonkan keadaan rakyatnya, diperlihatkan kebobrokan bangsanya, diperlihatkan mahasiswa , seperti mereka, hanya berpangku tangan saja.  Mereka itu bisa berkarat, ketika kelulusan menjemputnya, berjuta rakyat menunggu mereka. Menunggu hasil orasi, demonstrasi, kajian, dan interupsi yang tlah mereka layangkan. Itulah yang ditunggu, pengabdian untuk kaumnya, yang butuh untuk segera direalisasikan.

Menjadi Mahasiswa, bukan masalah warna almamater.

Kita, Mahasiswa, itu ada disetiap harapan rakyatnya. Ada disetiap doa untuk bangsanya. Yang menggantungkan impiannya untuk bisa hidup. Selayaknya.

Berani kamu mengecewakan rakyatmu ?





“Karena bukan hanya berfikir, tetapi juga bertindak.”




No comments: